Saya Luruskan, Soal Jokowi Dukung Prabowo, Hasto: Itu Tidak Benar!

JurnalPatroliNews – Padang, – PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan tidak benar jika Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang merupakan kader PDIP, memilih Prabowo Subianto sebagai calon presiden pilihannya untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan hal itu ketika menjawab pertanyaan wartawan di sela Rakerda DPD PDIP Sumbar, di Kota Padang, Selasa (4/7/2023).

“Pak Jokowi memilih pak Prabowo? Jadi itu saya luruskan. Itu tidak benar,” ujarnya.

Hasto menyatakan bahwa tindakan Jokowi menyangkut nama-nama bakal capres harus dilihat sebagai upaya beliau memastikan situasi nasional tetap aman dan kondusif jelang pergantian kepemimpinan nasional.

”Pak Jokowi dalam kapasitas beliau sebagai presiden, (hanya ingin) memastikan agar proses pergantian kepemimpinan kedepan berjalan dengan baik,” kata Hasto.



Hasto juga mengingatkan, PDI Perjuangan melalui Rakernas III lalu, menegaskan bahwa apa yang dilakukan oleh Jokowi; baik kebijakan, legacy, maupun program akan dilanjutkan oleh Ganjar Pranowo.

Karena dalam konteks menjaga situasi nasional yang kondusif itu, PDIP mendukung langkah presiden yang bersikap baik kepada para bakal capres yang ada.

Hasto memastikan bahwa Jokowi sebagai seorang kader PDIP, tentu sejalan dengan kebijakan partai. Terbukti bahwa dalam Rakernas III PDIP lalu, Jokowi memberikan arahan-arahan bagaimana pemenangan Ganjar  sebagai capres harus dilakukan.

“Jadi kita dukung sikap Pak Presiden Jokowi,” imbuh Hasto.

“Tetapi tentu saja beliau sebagai bagian dari keluarga besar PDI Perjuangan yang sudah memberikan arahan arahan khusus tentang pemenangan-pemenangan Pemilu Legislatif dan pemenangan pak Ganjar dalam rakernas III lalu, tugas kami menjabarkan arahan-arahan dari Presiden Jokowi tersebut, yang sangat baik, yang sangat konstruktif bagi pemenangan PDI Perjuangan dan Pak Ganjar Pranowo ini, dalam kapasitas pak Jokowi sebagai keluarga besar PDI Perjuangan,” urai Hasto.

Komentar