Buka Suara! Mensos Risma: Saya Enggak Tahu Soal Korupsi Bansos Beras, Ojo Dipancing

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Menteri Sosial Tri Rismaharini menegaskan korupsi bantuan sosial dalam bentuk beras yang tengah diusut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini bukanlah periode saat ia menjabat sebagai menteri.

Ia mengaku tidak tahu menahu kasus ini. Risma pun enggan berspekulasi bahwa kasus ini terjadi saat menteri yang menjabat sebelum dia, yakni Juliari Batubara. Juliari telah divonis 12 tahun penjara oleh Majelis Hakim Tipikor dalam kasus korupsi bansos Covid-19.

“Saya enggak tahu, ojo dipancing, aku enggak mau ngomong itu,” kata Risma saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Ia menekankan, yang jelas, kasus korupsi yang tengah diusut KPK saat ini terjadi pada pertengahan 2020 dan melibatkan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistik. Oleh sebab itu, Risma kembali menekankan tak tahu menahu kasus yang terjadi saat ini.

“Yang jelas saya mau amankan sesuai perintah presiden, saya tidak boleh (salurkan bansos) dalam bentuk natura atau barang jadi bentuknya uang dan itu saya lakukan. Saya enggak mau ngomong yang lain,” tuturnya.

Meski begitu, ia turut memastikan akan terus kooperatif dengan KPK dalam menelusuri kasus ini. Apalagi, ia menegaskan, inspektur yang ada di Kementerian Sosial saat ini berasal dari KPK yang ia tarik untuk mengawasi berbagai program kementerian.

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah barang bukti saat menggeledah Kementerian Sosial kemarin, Selasa (23/5/2023).

Komentar