‘APIP’, Menteri Jokowi Ini Siapkan Strategi Kejar PNS Hedon, Ini Alasannya

JurnalPatroliNews – Jakarta – Aksi para pejabat negara dan keluarganya yang bergaya hidup mewah beberapa hari terakhir, membuat pemerintah mau memperkuat peranan inspektorat jenderal di kementerian atau lembaga.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pun telah bergerak untuk memperkuat Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, salah satu penguatan inspektorat jenderal itu adalah dengan memperkuat keberadaan auditor di K/L masing-masing. Sambil turut menjalin kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Tentu akan kita dorong untuk kita perkuat dan ini sedang kita kaji. Salah satunya kita akan dorong rekrutmen tenaga auditor sebagaimana permintaan KPK, nanti akan kita kaji, karena auditor-auditor kita banyak berkurang,” ujar Anas di kantornya, Jakarta, Jumat (10/3/2023).

Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh mengatakan, penguatan peranan Itjen ini penting karena mulai dari inspektur jenderal, inspektur utama, sampai tingkatan inspektur, merupakan pihak independen di dalam K/L itu sendiri yang paling mengetahui celah risiko kecurangan.

“Menurut kami APIP ini, Irjen, Inspektur Utama harusnya paling tahu permasalahan yang ada di kementerian itu, hal-hal risiko yang penting dan strategis harus kita ketahui,” ujar Ateh.

Kendati begitu, ia mengakui, saat pengalamannya menjadi inspektur di K/L peranan mereka dianggap sebelah mata oleh jajaran eselon I, II, dan III. Sehingga, inspektur harus berani melakukan pengawasan kepada orang-orang yang levelnya di atas mereka.

Komentar