Dialog Bersama BPIP dan Universitas GadjahMada: Penerapan Manajemen Etik dan Penguatan Integritas Sebagai Upaya Penerapan Nilai Nilai Pancasila

JurnalPatroliNews – Yogyakarta-Pancasila sebagai dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara merupakan hal final dan tidak dapat diganggu gugat namun seringkali nilai nilai Pancasila yang digali dari tradisi  luhur dan kearifan budaya milik Nenek Moyang ini terjebak pada hal hal seremonial, monumental dan minim substansi.

Kebaikan kebaikan yang dimiliki pancasila terjebak hanya sebatas di kulit saja namun tidak merasuk dan meresap dalam kehidupan sehari hari masyarakat Indonesia, kita semua terjebak melaksanakan nilai nilai Pancasila karena reward dan punishment yang ada dalam sistem, namun tidak sungguh sungguh menerapkan nilai nilai luhur tersebut sebagai suatu kesadaran diri dan Integritas sebagai manusia Indonesia

Oleh karena itulah, dalam proses pembaharuan MOU antara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Universitas Gadjah Mada Khususnya Pusat Studi Pancasila diadakan Pembahasan Bersama Program Matching Fund Kedaireka 2023.

akan dilaksanakan pertemuan untuk membahas Pengkajian dan Pengembangan Model Implementasi Pancasila melalui Manajemen Etik dan Penguatan Integritas Pada Senin 17 April 2023, di Kantor Pusat Studi Pancasila Kawasan Kampus UGM Bulak Sumur Jogjakarta

Dalam Pembukaan Acara yang antara Lain dihadiri Oleh Irene Camelyn Sinaga, AP., M.Pd. Direktur Pengkajian Implementasi Pembinaan Ideologi Pancasila, M Akbar Hadiprabowo, SH., MH. Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Serta Staff Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Antonius Benny Susetyo ini, Kepala Pusat Studi Pancasila Drs. Agus Wahyudi, M.Si., M.A., Ph.D menyatakan bahwa  untuk  pembumian  pancasila yang implementatif diperlukan standar terkait kode etik dan integritas.

kode Etik dan Integritas ini diharapkan dapat dipegang oleh setiap anggota masyarakat dalam setiap identitas, tugas maupun profesinya, berdasarkan hal tersebut.

Pusat Studi Pancasila UGM mencoba membangun sistem standar Etik dan Integritas melalui Program Manajemen Etik dan Penguatan Integritas yang sudah diterapkan pada Dosen dan Mahasiswa UGM.

Komentar