Ingatkan Kembali Disiplin Protokol Kesehatan, BNPB Luncurkan Gerakan Mobil Masker Untuk Masyarakat Riau

“Kondisi saat ini jauh menurun, kasus aktif 24 orang, dan 2 hari terakhir tidak ada kasus aktif maupun meninggal dan angka kesembuhan 97 persen di Riau. Meskipun menurun kita harus tetap waspada ada kemungkinan melonjaknya kasus akibat kurang patuhnya terhadap protokol kesehatan,” tutur Syamsuar. 

Pencegahan penyebaran Covid-19 selain dengan menjalankan protokol kesehatan, masyarakat juga harus melaksanakan vaksinasi Covid-19. Kedua elemen ini merupakan cara terbaik untuk meminimalisir terpapar virus Covid-19. 

Gerakan Mobil Masker ini adalah bentuk kolaborasi pentaheliks, dengan melibatkan pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Provinsi maupun Kabupaten / Kota, unsur TNI / Polri, unsur Forkopimda, mahasiswa dan organisasi relawan setempat dengan total 100 orang. 

Rencananya mobil masker akan berkeliling di tiga lokasi, yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kampar. Setiap armada gerakan mobil masker akan ditugaskan untuk membagikan masker ke tempat keramaian seperti pasar tradisional, pedagang kaki lima, tempat wisata, tempat ibadah, sekolah, terminal dan stasiun. 

Tidak hanya membagikan masker, para petugas, relawan dan duta perubahan perilaku akan memberikan edukasi dan sosialisasi untuk selalu menjaga disiplin penerapan protokol kesehatan. 

Meskipun trend kasus Covid-19 menurun dan makin banyak daerah yang memasuki kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level I dan II, BNPB mengimbau kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat hingga pandemi Covid-19 berakhir. 

Sebelumnya Gerakan Mobil Masker juga telah dilakukan di beberapa daerah seperti di wilayah Jabodetabek, kemudian provinsi Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Bali dan beberapa lokasi lainnya, termasuk pada Oktober lalu di Provinsi Papua dalam rangka dukungan penyelenggaraan PON ke XX dan Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam rangka mendukung perhelatan balap motor skala internasional World Superbike yang akan berlangsung November ini. 

Komentar