RI Kalah Digugat Uni Eropa di WTO, Jangan Mimpi Negara Ini jadi Negara Maju, Ini Pesan Jokowi Buat….

Jokowi menyampaikan Indonesia sendiri memiliki potensi sumber daya alam yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan. Bukan hanya hasil tambang, negeri ini juga mempunyai produksi sumber daya alam laut, pertanian hingga perkebunan yang melimpah.

Namun sayang, Indonesia selama ini cukup dirugikan karena hanya mengekspor bahan baku mentah. Sehingga tidak ada nilai tambah yang didapatkan bangsa ini. “Ini kekeliruan yang tidak boleh kita ulang lagi. Pemimpin yang akan datang harus berani mengindustrikan bahan bahan mentah itu,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia sudah dinyatakan kalah atas gugatan Uni Eropa di WTO terkait dengan larangan ekspor nikel. Diketahui, kekalahan atas gugatan tersebut terjadi lantaran industri hilir di Indonesia dianggap belum matang.

Meski kalah, pemerintah telah mengajukan banding pada Desember 2022 lalu dan mempersiapkan argumentasinya sendiri, yakni bahwa saat ini Indonesia memang sedang dalam tahap menggenjot industri hilirisasi di dalam negeri, terutama hilirisasi mineral mentah seperti nikel.

Komentar