Seni Aktivis: Menciptakan Kekuatan Seni Dalam Mengubah Dunia

Zanele Muholi, Julile I, Parktown, Johannesburg (2016). Foto: Courtesy of Stevenson Gallery, Cape Town

Seni jalanan Banksy. Iran Shirin Neshat yang sejak 1993 telah membuat film dan foto hitam-putih yang mengkaji konflik politik dan budaya Muslim melalui lensa feminis. Seniman Afrika Selatan Zanele Muholi, yang memproklamirkan misinya sendiri adalah “untuk menulis ulang sejarah hitam, aneh, dan trans visual Afrika Selatan agar dunia mengetahui perlawanan dan keberadaan kita pada puncak kejahatan rasial di SA dan sekitarnya” . Upaya artistik yang meluas untuk mengatasi krisis AIDS. Karya aneh seniman perbatasan Meksiko seperti Rafael Lozano-Hemmer atau Guillermo Gómez-Peña. Lonjakan seni itu muncul dari aksi protes di Hong Kong. Daftarnya terus bertambah.

Cukuplah untuk mengatakan bahwa seni aktivis ada di mana-mana, dan itu mengambil topik besar.

Shirin Neshat, Kesetiaan dengan Kewaspadaan (1994). Foto oleh Cynthia Preston

Apa yang Dicapai Seni Aktivis?
Seperti halnya bentuk atau gerakan seni apa pun, muncul pertanyaan—apa gunanya? Apa yang aktivis seni coba lakukan?

Sementara pesan atau maksud tertentu tergantung pada topik yang dibahas oleh seniman, seni aktivis pada akhirnya melayani beberapa fungsi:

Seni aktivis menerangi sebuah masalah
Pertama dan terpenting—dan mungkin yang paling jelas—seni aktivis berfungsi untuk menarik perhatian pada beberapa penyakit atau masalah sosial. Tujuannya adalah untuk mendidik masyarakat tentang beberapa topik yang mendesak, seringkali dengan memaksakan diri dalam situasi yang tidak pada tempatnya atau tidak nyaman.

Seni aktivis membayangkan sebuah alternatif
Dalam banyak kasus, publik sudah menyadari ada masalah apakah itu perang, kemiskinan, kefanatikan, dll. Tujuan seorang seniman aktivis dalam hal ini mungkin bukan untuk menerangi masalah, tetapi untuk mengartikulasikan alternatif. Kebanyakan orang tahu dunia perlu berubah, tetapi mereka tidak yakin bagaimana caranya. Seni memberikan jawaban, atau setidaknya saran.

Komentar