Seni Aktivis: Menciptakan Kekuatan Seni Dalam Mengubah Dunia

Linda Dounia Rebeiz, Duduk Cantik (2020)

Internet telah membuat lebih mudah dari sebelumnya untuk berbagi dan mengakses seni dari berbagai jenis, apakah itu berarti melihat lukisan yang sebelumnya tidak dapat diakses di beberapa galeri yang jauh, melihat seni jalanan di kota di sisi lain dunia, menonton film independen dengan distribusi terbatas, dan sebagainya. Ini juga memberi banyak seniman kesempatan untuk mendidik diri mereka sendiri tentang berbagai teknik artistik, dan untuk berkomunikasi dengan aktivis yang mengembangkan objek yang sama.

Terlebih lagi, belum pernah ada alat artistik yang begitu mudah diakses. Bahan untuk melukis, memahat, dan seni visual lainnya tidak mahal dan hampir tersedia secara universal. Kamera foto dan kamera video lebih murah dari sebelumnya, seperti juga alat dan perangkat lunak musik.

Bukan rahasia lagi bahwa masyarakat kita menghadapi beberapa tantangan serius, namun mempunyai harapan. Tidak ada titik lain dalam sejarah seniman amatir dan profesional sama-sama memiliki begitu banyak akses ke peralatan, pelatihan, informasi, komunitas, dan distribusi.

Jadi, jika Anda melihat sesuatu yang mengganggu Anda, ambil kuas, kamera, mikrofon, atau alat artistik lainnya. Ciptakan karya seni yang mengungkapkan Anda—atau harapan Anda—dan bagikan kepada dunia.

Anda mungkin terkejut melihat seberapa besar dampak yang dapat dicapai melalui beberapa sapuan cat.

Komentar