Lampaui Target! Sandiaga Beber Cerita Sukses Pariwisata RI Tahun 2022, Begini…

Sementara untuk ekonomi kreatif, ekspornya sudah mencapai US$ 24,79 miliar atau meningkat 3,8%, dan dengan nilai tambah sebesar Rp 1,236 triliun. “Menempatkan Indonesia tentunya di jajaran negeri yang memiliki kontribusi ekonomi kreatif salah satu yang terbesar di dunia,” tambah Sandiaga.

Jumlah tenaga kerja yang terserap di tahun 2022, di sektor pariwisata mencapai 22,89 juta jiwa, angka ini bertambah 1,6 juta jiwa dibandingkan tahun lalu. Sementara pada ekonomi kreatif, berhasil menyerap 23,98 juta tenaga kerja di tahun ini atau bertambah 2 juta tenaga kerja dari tahun lalu. “Ini menjadi sangat penting, karena saat pandemi kita kehilangan jutaan lapangan kerja,” ujarnya.

Jika dijumlahkan, kata Sandiaga, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional sudah menciptakan total 3,6 juta lapangan kerja di tahun 2022. “Tahun 2023, it’s completely different story, karena kita diberikan target yang jauh lebih meningkat dibandingkan tahun 2022. Target wisman 3,5 – 7,4 juta kunjungan.

Dengan nilai devisa pariwisata mencapai US$ 2 – 5,95 miliar. Jumlah wisatawan nusantara pergerakan targetnya 1,2-1,4 miliar pergerakan, dan untuk jumlah wisatawan nusantara target nilai kontribusi PDB-nya adalah 4,1%,” tuturnya.

Dia mengatakan, total penyerapan tenaga kerja pariwisata adalah 22,4 juta dan jumlah penyerapan tenaga kerja ekonomi kreatif 22,59 juta orang.  “Jadi kalau kita lihat ini total sudah di atas walaupun dibandingkan dengan tahun depan, dari jumlah lapangan kerja maupun dari nilai tambah ekonomi kreatif. Jadi ekonomi kreatif ini menjadi betul-betul lokomotif,” pungkas Sandiaga.

Komentar