Usai Penetapan Tersangka! Istana: Pengganti Sementara Firli Bahuri Masih dari Kalangan Petinggi KPK

JurnalPatroliNews – Jakarta – Istana menyatakan pengganti sementara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri masih dari kalangan petinggi lembaga anti-rasuah. Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut tak akan menunjuk kandidat dari luar.

“Ya, tidak akan menunjuk dari luar. Dari kalangan KPK, dari pimpinan KPK,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana saat ditemui di Kantor Kementerian Sekretaris Negara, Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 24 November 2023.

Ari mengatakan surat Keputusan Presiden (Keppres) penggantian Firli Bahuri dan penunjukan ketua lembaga anti-rasuah secara sementara oleh Jokowi, sesuai dengan UU KPK no.19 tahun 2019 dan UU no.10 tahun 2015. 

Wakil Ketua KPK termasuk Alexander Marwata, Johanis Tanak, Nawawi Pomolango, Nurul Ghufron, dan Lili Pintauli Siregar. Namun, Lili sudah mundur sejak Juli 2022 digantikan Johanis Tanak.

Polda Metro Jaya menetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak mengatakan penetapan tersangka berdasarkan hasil gelar perkara. 

“Dengan hasil ditemukannya bukti yang cukup untuk menetapkan saudara FB (Firli Bahuri) selaku Ketua KPK sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi,” ujar Ade di Polda Metro Jaya, Rabu, 22 November 2023.

Jokowi tak banyak bicara saat diminta komentar soal penetapan Ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka kasus pemerasan oleh Polda Metro Jaya.

“Hormati semua proses hukum. Hormati semua proses hukum,” kata Jokowi di sela-sela kunjungannya di Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis, 23 November 2023.

Dalam keterangan pers di Istana pada Jumat, Ari mengaku belum mengetahui siapa kandidat pengganti sementara Firli. “Itu nanti akan diputuskan pak presiden,” katanya.

“Dalam UU juga diatur, ketika menjadi terdakwa misalnya ada perubahan status dari pemberhentian sebagai tersangka itu.”

Ari mengatakan Jokowi akan menandatangani surat Keppres pemberhentian sementara Firli dan penunjukan sementara Ketua KPK pada malam ini. Saat ini kepala negara masih kunjungan kerja ke Papua, dan diagendakan melawat ke Kalimantan Barat pada Siang hari.

Komentar