Firli Bahuri: Momentum Harkodia 2022 Menguatkan Partisipasi Masyarakat Berantas Korupsi

Untuk merealisasikan visi tersebut, disampaikan Firli, KPK menetapkan misi yaitu dengan meningkatkan upaya pencegahan melalui perbaikan sistem pengelolaan adminitrasi lembaga negara dan pemerintah yang antikorupsi. Kemudian meningkatkan upaya pencegahan melalui pendidikan antikorupsi yang komperhensif. Lalu pemberantasan korupsi yang efektif, akuntabel, profesional, dan sesuai dengan hukum.

Segenap insan KPK, kata Firli terus berkomitmen bekerja keras melakukan pemberantasan korupsi dan fokus terhadap korupsi yang menjadi perhatian publik. Melalui program priotitas KPK yaitu Survei Penilaian Integritas (SPI), Asset Recovery, Stranas PK dan Sistem Penanganan Perkara Terintegrasi.

“KPK berharap dengan mengerjakan program-programnya maka pemberantasan korupsi akan semakin berhasil dan berdaya guna untuk menurunkan angka korupsi,” tekan Firli.

Firli mengatakan, dari kajian dan pengalaman empiris terkait dengan sebab terjadinya korupsi, KPK di bawah komandonya bersama pimpinan lainnya merumuskan strategi pemberantasan korupsi melalui 3 stategi pendekatan yaitu pendekatan pendidikan masyarakat, pendekatan pencegahan atau preventif approach dan pendekatan penindakan law enforcement approach.

“Pendekatan pendidikan masyarakat dilaksanakan agar masyarakat paham tentang tindak pidana korupsi dan menimbulkan perilaku masyarakat yang tidak ingin melakukan korupsi,” beber Firli.

Komentar