Selama di Mabes Polri, Firli Bahuri Sebut Tak Ada Drama Pemeriksaan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan kehadirannya di Mabes Polri pada Selasa, 24 Oktober 2024 sebagai saksi untuk memberikan keterangan dalam dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo.

Ia merasa seolah kembali ke Mabes Polri untuk pemberantasan kasus-kasus rasuah di Indonesia. Ia juga mengatakan tak ada drama dalam pemeriksaannya, meski mengakui ada penyesuaian proses dan prosedur.

“Pada kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan untuk membersihkan negeri ini dari praktik korupsi diperlukan sinergi dan orkestrasi pemberantasan korupsi,” ujar Firli dalam keterangan tertulis, Rabu, 25 Oktober 2023.

Ia menyebut kehadirannya sebagai bentuk jiwa korsa dalam pemberantasan korupsi bersama Polri.

“Saya hadir lebih awal di Mabes Polri dan pemeriksaan oleh para penyidik Polda dilakukan dengan sangat profesional, tidak ada perlakukan khusus maupun pengistimewaan,” kata dia.

Firli menjalani pemeriksaan atas dugaan pemerasan oleh Pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo alias SYL. Setelah pada Jumat, 20 Oktober 2023 mengkonfirmasi ketakhadirannya di Polda Metro Jaya, penjadwalan ulang dilakukan.

Namun Firli justru meminta pemeriksaan dilakukan di Mabes Polri oleh penyidik gabungan dari Polda Metro Jaya dan Mabes Polri.

“Untuk itu saya sangat menaruh respect atas kerja penyidik. Mereka para penyidik hebat yang dimiliki Polri. Selama pemeriksaan saya juga diberi kesempatan beribadah,” ujarnya.

Firli mengajak legislatif, eksekutif dan yudikatif, aparat penegak hukum, penyelenggara negara, aparat keamanan dan Parpol, serta seluruh kementerian/lembaga agar melibatkan diri untuk membersihkan dan tidak melakukan korupsi.

“Namun faktanya, sampai dengan saat ini, amat disayangkan masih banyak lembaga yang permisif dengan korupsi, mereka seakan-akan membenarkan korupsi bahkan damai berdampingan,” kata Firli.

Firli lagi-lagi menyebut istilah ‘when the corruptors strike back’ seperti saat foto pertemuannya dengan SYL di GOR Tangki, Jakarta Barat, sempat mencuat.

“Ada pula yang melakukan perlawanan ketika pimpinan lembaganya ataupun seorang oknum penyelenggara negara tersangkut korupsi,” katanya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak, mengatakan Firli membenarkan foto yang beredar mengenai pertemuannya dengan SYL di Gor Tangkis.

“Soal foto yang beredar menjadi bagian dari materi penyidikan yang kita lakukan. Membenarkan, sekira bulan Maret 2022,” ucap Ade Safri. 

Ia menyebut tim gabungan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya dan Badan Reserse Kriminal Polri, akan selalu menjunjung tinggi nilai transpransi penyidikan dalam dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo yang menyeret nama Ketua KPK Firli Bahuri.

“Kami dari penyidik Ditreskrimsus Polda Metro metro Jaya dan Bareskrim Polri akan menjunjung tinggi transparansi, profesionalisme dan akuntabilitas dari kegiatan penyidikan yang kita lakukan,” ujar Ade Safri di Baresrim Polri, Selasa 24 Oktober 2023. 

Komentar