Asosiasi Lisensi Indonesia Gelar Pameran the 3rd Indonesia Licensing SExpo (ILE)

JurnalPatroliNews – Jakarta – Asensi atau Asosiasi Lisensi Indonesia kembali menggelar pameran the 3rd Indonesia Licensing SExpo (ILE) 2023 dan memilih Jakarta sebagai road show terakhir di tahun 2023 ini, setelah sukses menyelenggarakan Indonesia Licensing Expo (ILE) di Kota Surabaya bulan Juni 2023 dan Bali bulan September 2023 lalu.

Kali ini the 3rd ILE Jakarta akan diselenggarakan selama 4 hari, 11 – 14 Oktober, di Ji Expo Kemayoran Jakarta.

Susanty Widjaya, selaku Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) mengatakan, pertumbuhan bisnis lisensi dan franchise atau waralaba di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup significant beberapa tahun ini.

Demikian pula peningkatan kesadaran pelaku terhadap pentingnya perlindungan HKI di Indonesia juga meningkat pesat sejak  2019 lalu.

“Ini terbukti dengan jumlah merek terdafar di tahun 2022 naik dan berkembang pesat dari 72.211 merek menjadi lebih dari 2 juta merek terdaftar,” kata Susanty.

Dengan pameran ini, lanjutnya, kami mengajak masyarakat dan para pelaku untuk bangkit bersama dan turut berpartisipasi serta berinvestasi dalam bisnis licensing atau lisensi, franchise atau waralaba juga berbagai peluang usaha untuk menggiatkan perekonomian Indonesia. 

“Kami juga  mendorong pelaku-pelaku bisnis lisensi atau licensing seperti IP atau Intellectual Property, franchise atau waralaba merek lokal dan international untuk terus dapat tumbuh dan berkembang. Tidak hanya untuk melayani kebutuhan pasar dalam negeri, melainkan juga untuk merambah ke pasar luar negeri dan bersaing di pasar global,” ungkap Susanty.

Susanty juga menjelaskan, Indonesia Licensing Expo atau lebih dikenal dengan singkatannya ILE 2023 adalah pameran Licensing atau lisensi, franchise atau waralaba, jemitraan, dan peluang usaha Indonesia yang didukung jementerian dan lembaga. Salah satunya adalah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Daud D Salim, selaku CEO dari IMEI Krista Exhibitions menyatakan rasa antusiasnya dan mendukung penuh penyelenggaraan the 3rd ILE 2023 Jakarta.

Pertumbuhan bisnis lisensi, franchise atau waralaba saat ini akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan dan juga respons yang baik dari masyarakat, maka penyelenggaraan the 3rd ILE 2023 Jakarta diharapkan memberikan optimisme dan semangat, bahwa lisensi atau licensing, franchise atau waralaba adalah bisnis yang kuat dan berkesinambungan. 

“Tidak hanya itu, pameran the 3rd ILE 2023 juga membantu mempertemukan antara pemilik usaha atau franchisor (pewaralaba) dan calon pewaralaba dalam menciptakan koneksi, membangun komunikasi dan menemukan peluang untuk berwirausaha,” kata Daud D Salim.

Komentar