Kesal! Masih Import Produk Untuk Kegiatan Operasional Kementerian, Jokowi: Saya Reshuffle Menterinya

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Acara Afirmasi Bangga Buatan Produk Indonesia yang diselenggarakan dibali ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah Menteri. Jokowi menyinggung soal reshuffle di hadapan menteri yang hadir di Bali, Jumat (25/3/22).

Pasalnya, Jokowi kesal karena banyak Kementerian yang masih memakai Produk Impor untuk mendukung kegiatan operasional mereka sehari-hari.

“Kementerian sama saja (banyak yang menggunakan produk impor), tapi itu bagian saya itu. Reshuffle, udah heeh saya itu, kayak gini enggak bisa jalan,” ujar Jokowi kesal.

Ia meminta para Menteri agar tak lagi melakukan impor. Jokowi mengingatkan bahwa Ia punya kewenangan mengganti Menteri yang kinerjanya tak baik.

Sederet nama Menteri disebut langsung oleh Jokowi dalam acara tersebut. Mereka yakni Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan (Menkes), Erick Thohir, Menteri BUMN, dan Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian (Mentan).

Pada bidang Kesehatan, Ia menyebutkan, banyak Alat Kesehatan (Alkes) dan tempat tidur untuk Rumah Sakit yang masih Impor. Padahal, Produk ini banyak diproduksi di Yogyakarta, Bekasi, dan Tangerang.
Begitupun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), konsumsi Produk dalam Negeri dari kementerian itu hanya Rp 2 triliun dari total anggaran yang diberikan.

Ia mengungkapkan, laptop hingga bangku yang pengadaannya di bawah Kemendikbud Ristek ternyata juga impor.

Komentar